Cinta Ibu memang sepanjang masa. Tak peduli apa pun yang menghadang, Ibu akan selalu ada buat anaknya. Seperti itu juga Ibuku. Ibu yang bener-benar sangat kucintai. Ibu yang saat ini, detik ini, sangat kurindukan.  Ah, sepertinya baru beberapa minggu yang lalu aku baru saja berdamai dengan hatiku. Berdamai untuk tidak merengek ingin pulang karna rasa rindu yang membuncah itu. Berdamai untuk bisa menahan rindu itu demi tujuan utamaku. Berusaha menenangkan hati untuk terus melangkah meski rasa rindu itu kian menggebu. Ah, baru kemarin saja aku bisa mengendalikan rasa rinduku. Berdamai dengan rasa itu, tertumpuk aktivitas yang lumayan mengalihkanku.

Tapi semenjak kedatangan ibu menjengukku, rasanya aku selalu kangen dengan ibu. Beberapa hari yang lalu, karna kecerobohanku sendiri, aku masuk Rumah Sakit karna muntaber. Hmm, aku menyesal sekali waktu itu. Telah membuatmu ibu khawatir dan tergopoh-gopoh datang ke bogor. Padahal waktu itu, kaki ibu sedang sakit. Dan demi aku yang sangat sangat ceroboh ini, ibu rela datang jauh2 ke Bogor. Rasanya aku telah berdosa besar. Pertama, telah membuat ibu dan bapak khawatir dan datang tergopoh2 ke Bogor. Kedua, aku telah menambah beban ibu untuk membiayai biaya rumah sakitku. Dan ketiga parahnya, sempat-sempatnya aku ngambek ke Ibu dan mendiamkan beliau beberapa waktu. Tapi sungguh ibu, waktu itu benar-benar aku sedang lepas kendali, dan merasa sangat menyesal sekali bu. Rasanya, aku rela kalau ibu harus memukulku keras2, asal aku tidakk membuat ibu terluka.

Aku janji bu, aku akan slalu membuat senyum di hari tua mu nanti. Aku janji akan menjadi anak yang bisa engkau banggakan. Aku janji akan mempersembahkan sesuatu yang bisa membuatmu sangat bahagia. Aku janji ibu, sebisa mungkin aku tidak akan pernah menyakitimu. Aku janji bu. Janji. Ini janjiku Ibu untuk membalas semua budimu. Untuk peluh yang kau kucurkan setiap hari. Untuk luka yang tersayat setiap hari di dadamu. Untuk airmata yang telah kau tumpahkan untukku. Untuk semua yang begitu berharga untukku Ibu. Aku sangat menyayangimu Ibu. Peluk dan cium kangen dariku Ibu. Anakkmu